Kami akan terus bergerak, demi sebuah perubahan besar yang akan bergemuruh di muka bumi. Perubahan itu pasti. Pasti datang...

Jumat, 11 April 2008

Manusia bodoh

Kesalahan terbesar sekolah ialah mencoba mengajarkan segala hal kepada anak-anak dan menggunakan rasa takut sebagai motivasi dasarnya. [Stanley Kubrick]

Namanya Bejo Pramudia. Panggilan kerennya: Jo. Pagi-pagi buta kembali dia mengecek perlengkapannya. Dan syukurlah, dia tidak bangun kesiangan seperti hari-hari biasa. Dia masukkan selembar papan –mirip- tripleks yang sudah seminggu ini menjadi Primadona di toko alat tulis. Maklumlah, sedang musim ujian. Perhelatan akbar Ujian Akhir Nasional segera digelar.
^^^^****^^^^

Sekolah Jo yang rapuh…
Jo melongok ke arah jarum jam kulit di tangan kiri. Masih ada waktu 45 menit, pikirnya. Jo memilih berkeliling, pengen nongkrong dimana teman-teman biasa mangkal. Dia tercegat, dengan kerubungan manusia, kawan-kawan seangkatan, batinnya. Ada si Intan, anak borjuis, yang tukang pamer kekayaan. Melihat yang lainnya antusias, Jo terusik rasa penasaran.
“Pada ngapain sih, ni orang-orang?. Bawa apaan tuh si Intan, pake teriak-teriak lage?”, Tanya Jo pada Budi, rekan sejawat yang sama keparatnya seperti Jo.
“Basi lo !!, lo ngga tau ya, si Intan kan dapat wangsit. Yah, kayak contekan gitu deh. Udah, lo embat ajah. Anggap aja pertolongan ghaib. Catet gih sono kunci jawabannya. Ketinggalan nyaho lo”.
Dengan promosi jor-joran, akhirnya Jo manut dan keseleo untuk nyatet yang katanya ‘kunci jawaban’ Ujian. Dalam hati, ada tanda tanya besar.
TANDA TANYA ????
TANDA TANYA ????
TANDA TANYA ????

Ye,, kali aja si Intan bohong, atau di bo’ongin. Darimana dapat bocoran gini. Pertolongan ghaib seperti apa yang mampu membobol sebuah kepercayaan. Ahh…sudahlah!, pokoke cari selamat. Jo menuntaskan tanya dalam hatinya. Dia bergegas pergi, ingin berbagi kepada angin, atau bercakap-cakap dengan rumput basah yang harum tanah. Sekonyong-konyong, ada yang menepuk pundaknya.
”ooohhh….Dimas”, batinnya.
“Jo, elo dah nyatet kunci dari Intan?, gue lihat dong..”
Bibir monyong Dimas memohon. Jo tak kalah manyun dan menyerahkan kertas contekannya ke Dimas. Weits… apa gue kaga salah lihat tuh. Dimas kan juara kelas?!. Sejak kapan doi hobby sama dagelan ‘contek mencontek’ dan ‘gacok-menggacok’. Kurang pinter apa si Dimas itu?!. Kursus tiap hari. Blom lagi privat Less malam hari. Kerjanya juga baca buku mulu. Capek deh !!.
Teramat banyak keresahan di kepala Jo. Shit !!, tiba-tiba aja Jo ngerasa muak dengan semua ini. Jo memilih Jongkok santai di bawah pohon nangka belakang gedung sekolahan. Tempat anak kucing biasa buang hajat. Jo sempat mengendus bau tak enak. Wueekkkss !!. Diacuhkan olehnya. Pandangan Jo lurus, berpikir khidmat. Di tempat itu, dia berkomtemplasi dan merenung.
”Sebenarnya gue sekolah buat apaan seh??. Cuma buat dapet status ‘lulus’??. Kalo emang itu tujuannya, gue harusnya ngikutin jejak si Intan, cari ‘pertolongan Ghaib’, atau se-enggaknya, gue nyuap orang yang mempan di suap. Kalo orang-orang sekolah supaya pinter, kenapa si Dimas yang udah siang-malam belajar namun masih tergoda untuk nyatet ‘contekan’ gue. Kata orang, sekolah bakal nyetak manusia bertakwa, baek hati dan ilmunya tinggi. Tapi gue ngerasa janggal banget. Buktinya: banyak orang pinter tapi kerjanya jadi maling di negara sendiri. Eh…entar deh, gue salah ngga sih mikir kaya’ gini..konyol kah???”.
Lantaran merasa –agak- konyol, Jo berusaha mengosongkan pikiran-pikiran kritis yang menggelitik itu. Jo bangkit dan merutuk diri. Tambah kesal ia ketika sadar sepatunya ke injek e’ek kucing garong di tanah berpasir. Uuhhh !!.
Diliriknya jam tangan….
“sepuluh menit lagi”
*******^^^^^^*******
Suasana kelas ricuh sekaligus tegang. Dua hari ujian akbar yang mendebarkan. Bergeming horor, menyeruak TAKUT !.
Menyaksikan ketegangan ini, tak sabar Jo menyerocos.
“Napa sih lo semua pada horor gini??”, katanya.

“Klo gue gak lulus, gue takut dimarahin emak + bapak. Klo gue kepleset dikit aja dari target nilai, gue takut pacar gue malu sama gue. Bisa diputusin, buset !!. Belum lagi pak Jamil –pak Kepsek-, lo kan tau sendiri dia galaknya ngalah-ngalahin nagabonar, serem oi !”.
”Kepala sekolah juga takut anak didiknya banyak yang gagal ujian, karena pak kepala sekolah bisa dimarahin Pak Walikota. Karena Pak Walikota juga kudu jaga gengsi di hadapan Pak Gubernur. Nah,,, Pak Gubernur keder sama wartawan, jangan-jangan dituduh tidak becus mengurus propinsi. Berhubung banyak orang takut dengan sebuah kegagalan, maka lebih baik mengerahkan segala cara sebagai jurus selamat. Urusan halal-haram???, Baek-buruk??, Etis, ga etis???... nomor sekianlah… sometimes like that, heh!”.

Mendengar penjelasan itu, Jo mafhum ujung pangkal semua ini. Nalar yang gampang sekaligus miris. Jo teringat pada guru taman kanak-kanaknya. Dulu, dia diajarkan tentang KEBERANIAN, TAAT ATURAN dan CITA-CITA SETINGGI LANGIT. Tapi kenapa bumi yang dia huni kini, tak lagi menyisakan tawa dan keberanian itu??.
“Ternyata sekolah cuma ketakutan kacangan”.

SIAL !!
5 menit lagi, kuncup ketakutan peserta ujian akan matang. Memekar. Jo mengambil lipatan kecil-kecil hasil contekan pertolongan ghaib-nya Intan.
Cukup sudah!
Gue muak !
Di remasnya kertas itu. Ada kejutan ??!. Jo mengudarakan kertas itu ke tong sampah. Membuang segala TAKUT yang lebih membuatnya mual ketimbang mencerdaskan.

“Jo, kok lo buang tuh contekan. Jangan sok alim deh..”
:”dasar bego lo. Manusia bodoh!”.

“Biarin aja deh gue bodoh, yang pasti gue bukan pengecut. Kalau pun gue gagal trus ngulang taon depan, anggap aja gue terlalu sayang sama sekolahan sampe gue ga tega ninggalin sekolahan cepat-cepat”, katanya sembarangan.

Garing lo !
Yang lain memandang Jo penuh heran. Ga biasa-biasanya anak bengal satu ini ngomong filosofis
“Maap aja deh,, masa gini aja lo Tempe”, Jo tergugu menantang, namun hatinya lempang.



Ku coba bertahan sekuat hati
Layaknya karang yang dihempasan ombak
( Ada Band, Manusia Bodoh )


By: -alga-
Harga diri bukan dilihat dari seringnya ANDA jatuh maupun GAGAL,
Tapi dilihat dari seberapa sering ANDA bangkit dari KETERPURUKAN.

0 komentar: